TUTORIAL MENAMBANG BITCOIN UNTUK PEMULA



MENAMBANG  BITCOIN


Proses menambang Bitcoin adalah hal yang paling penting dalam perkembangannya. Mengapa? Karena dengan proses penambangan yang dilakukan oleh para penambang Bitcoin (miner), setiap transaksi akan tervalidasi, terbangun, dan tersimpan dalam blok baru dalam blockchain.

Banyak yang beranggapan salah soal menambang Bitcoin, di mana ada anggapan bahwa semua kegiatan mencari Bitcoin seperti mencari Bitcoin gratis via faucet,giveaway, dan game adalah kegiatan menambang Bitcoin.

Padahal sebenarnya menambang Bitcoin atau mining Bitcoin merupakan sebuah kegiatan menambang menggunakan perangkat tertentu, di mana dibutuhkan pemecahan matematika yang melibatkan sejumlah algoritma dan software.


APA YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT MENAMBANG BITCOIN : 

1. Hashrate

Hashrate merupakan angka hasil kalkulasi tingkat performansi perangkat keras (hardware) Anda dalam setiap detik untuk memecahkan masalah matematika dalam pertambangan.

Hashrates diukur dalam satuanmegahashes, gigahashes, danterahashes per detik (MH/sec, GH/sec, dan TH/sec).

Semakin tinggi hashrate Anda dibandingkan hashrate rata-rata, maka semakin besar kemungkinan Anda untuk memecahkan blok transaksi.

2. DAYA LISTRIK

Seluruh komputasi ini tentunya memakan tenaga listrik, dan listrik membutuhkan biaya.

Sehingga tentunya konsumsi energi atau listrik juga perlu dipertimbangkan saat mengambil keputusan.

Anda harus memastikan bahwa biaya energi listrik ini tidak menghabiskan seluruh keuntungan Anda.

LANGKAH-LANGKAH SEBELUM MENAMBANG BITCOIN

1. HARDWARE

CPU/GPU Bitcoin Mining 

Kategori terlemah dalam pertambangan Bitcoin adalah komputer Anda.

Secara teori, Anda bisa menggunakan CPU Anda untuk menambang Bitcoin, namun dalam praktiknya terkadang sangat lambat sehingga tidak ada gunanya.

Anda bisa meningkatkan hash ratedengan menambahkan graphics hardware dalam computer desktop.

Graphics hardware ini berisigraphical processing units (GPUs) yang didesain untuk memecahkan masalah matematika dan mengkalkulasi seluruh polygonkompleks yang biasa dibutuhkan dalam video games terkini.

Hal ini menyebabkan komputer menjadi cukup baik untuk memecahkan transaksi blok dalam pertambangan Bitcoin.

Anda bisa membeli GPUs dari dua vendor, yakni ATI dan Nvidia. Harganya berkisar di ratusan US$, namun tentu memberikan dampak signifikan dalam proses menambang Bitcoin.

Sebagai contoh, ATI 5970 graphics card bisa memberi Anda 800 MH/sec, sangat besar apabila dibandingkan dengan CPU, yang hanya menggenerasi kurang dari 10 MH/sec.

Kelebihan lainnya dari graphics hardware adalah bisa digunakan untuk cryptocurrency lainnya di luar Bitcoin.

FPGA Bitcoin Mining

FPGA atau Field Programmable Gate Array merupakan sebuah sirkuit yang terintegrasi, didesain untuk konfigurasi.

FPGA memungkinkan penambang untuk membeli chips dalam satuan volume, yang kemudian di-customize untuk penambangan Bitcoin.

Karena memang didesain khusus untuk menambang, FPGA menawarkan kemajuan pesat dibanding CPUs dan GPUs.

2. SOFTWARE

Bitcoin mining software berfungsi menginstruksi hardware untuk menjalankan kerjanya, menyampaikan transaksi blok untuk dipecahkan

Terdapat variasi dalam hal ini, bergantung operating system. Biasanya mereka tersedia untuk Windows, Mac OS X, dan lainnya

3. MEMBUAT DOMPET BITCOIN

Langkah selanjutnya dalam menambang Bitcoin adalah membuat dompet Bitcoin atau menggunakan dompet Bitcoin Anda yang sudah Anda gunakan untuk menerima Bitcoin yang Anda tambang.

Dompet yang direkomendasikan adalah Copay karena dapat digunakan pada berbagai sistem operasi. Dompet Bitcoin dalam bentuk perangkat keras juga tersedia.

sekian dulu postingan mengenai bitcoin. kalau ada kesempatan. penulis akan membuat artikel cara daftar bitcoin sampai dengan menggunakannya.

Comments

Popular posts from this blog

MEMBANGUN RT/RW NET MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER

REAL TIME & MULTI TASKING SISTEM OPERASI

CARA MENGHILANGKAN ATAU BYPASS MI AKUN PADA SMARTPHONE XIAOMI