SOLUSI DAPODIKDASMEN VERSI 2018

DAPODIK VERSI 2018


Sesuai dengan Permendikbud No. 26 Tahun 2017 tentang perubahan atas Permendikbud No. 8 Tahun 2017 tentang Petunjuk Juknis BOS, sasaran sekolah penerima BOS adalah sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat, pemerintah daerah, atau masyarakat yang telah terdata dalam Dapodik. Pendataan melalui Dapodik menjadi komponen penting dalam penyaluran dana BOS. Sehingga, para penanggung jawab pendataan perlu melakukan pembaharuan data sesuai dengan kondisi riil di sekolah ke dalam aplikasi Dapodik untuk penetapan alokasi BOS.

Pada tanggal 4 Agustus 2017, Tim Dapodikdasmen telah merilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018. Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 terdapat perubahan yang cukup signifikan dengan penggunaan database versi baru, pembaruan beberapa fitur dan juga penambahan fitur baru, validasi data, serta perbaikan beberapa bug versi sebelumnya. Pembenahan-pembenahan tersebut sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas data Dapodik dan juga upaya untuk melakukan sinkronisasi terhadap aturan/regulasi yang berlaku, serta menyelaraskan terhadap prosedur dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk berbagai transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, diantaranya adalah untuk penyaluran dana BOS SMK.

Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018 telah menggunakan database versi baru, maka secara teknis Aplikasi Dapodikdasmen versi sebelumnya (2017, 2017a, 2017b, 2017c) tidak dapat langsung di upgrade ke Dapodikdasmen versi 2018, akan tetapi harus melakukan install ulang. Oleh karenanya Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 hanya dirilis dalam bentuk INSTALLER (tidak ada versi UPDATER).

Namun, untuk struktur kurikulum SMK 2013 masih akan dilakukan pembaharuan. Untuk itu kepada segenap Bapak/Ibu Kepala Sekolah untuk segera melakukan upgrade ke Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018 dan melakukan pemutakhiran data Tahun Ajaran 2017/2018.
 
Dalam rangka menyukseskan program pelaksanaan BOS SMK tahun 2017 untuk pemutakhiran data yang akurat, Direktorat Pembinaan SMK membentuk TIM FASILITATOR DAPODIK SMK. Tim ini adalah anak bangsa yang secara sukarela mengabdi dan mendedikasikan ilmu dan keahliannya serta meluangkan waktu untuk memandu dan memberikan bantuan kepada operator pendataan SMK yang mengalami kesulitan dalam mengoperasikan atau melakukan pembaharuan Dapodikdasmen versi 2018 secara online (email dan Whatsapp).

LIK DOWNLOAD DAPODIK 2018

Untuk operator yang belum mempunyai aplikasi terupdate dapodikdasmen 2018 bisa di untuh melalui link berikut ini : 

2. Formulir Pendataan Dapodik 


Sumber : https://psmk.kemdikbud.go.id

Comments

Popular posts from this blog

MEMBANGUN RT/RW NET MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER

REAL TIME & MULTI TASKING SISTEM OPERASI

CARA MENGHILANGKAN ATAU BYPASS MI AKUN PADA SMARTPHONE XIAOMI